10 Tips Memulai Bisnis Waralaba

10 Tips Memulai Bisnis Waralaba

10 Tips Memulai Bisnis Waralaba [tipsbisnissukses]

10 Tips Memulai Bisnis Waralaba – Waralaba ialah Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. Bagaimana langkah memulai bisnis waralaba, silahkan baca tips berikut ini:

1. Penilaian sendiri

Jujurlah pada diri sendiri. Apakah Anda sudah mendapatkan atribut yang tepat untuk membangun bisnis yang sukses? Kisah sukses dalam semalam amat jarang, tetapi lebih banyak yang memerlukan kerja keras dalam membangun bisnis. Menjalankan bisnis sendiri bisa lebih menguntungkan, namun bisa pula meminta tanggung jawab penuh terhadap konsumen, pemasok, dan karyawan.

 2. Lakukan Riset

Secara common sense anda memerlukan perjalanan panjang menuju sebuah keputusan apakah waralaba yang ditaksir  akan sesuai untuk Anda. Pastikan bahwa Anda melihat peluang bisnis dan  Anda memiliki kecakapan tentangnya sekaligus mampu menjangkaunya.

 3. Ajukan Pertanyaan

Ketika mempertimbangkan hak waralaba, penting bagi Anda mengajukan pertanyaan sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan pengetahuan (informed decision).

 4. Bicaralah pada Terwaralaba

Penting bagi Anda berbicara kepada terwaralaba yang sudah ada. Tanyakan mengenai bantuan yang mereka dapatkan dan apakah mereka mencapai proyeksi finansial awal mereka. Luangkan waktu untuk berbicara dengan beberapa terwaralaba untuk mendapatkan opini yang luas sebelum Anda membuat keputusan.

 5. Dukungan keluarga

Anda akan membuthkan dukungan keluarga ketika membangun bisnis. Disarankan  untuk mendiskusikan bagaimana pengaruh bekerja sendiri pada keluarga sebelum membuat komitmen. Jika anda tak mendapatkan dukungan penuh, hal ini akan menjadi kebodohan jika dilanjutkan. Karena itu libatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan.

 6. Nasihat Profesional

Sebelum membuat komitmen  berinvestasi  dalam bisnis waralaba, Anda seharusnya mencari nasihat dari profesional.  Bank akan memberi Anda penilaian yang berharga. Jaringan bisnis konsultan dan akuntan dapat pula mengasistensi Anda  dalam memproduksi rencana bisnis.

 7. Rencana Bisnis

Rencana bisnis memiliki tujuan ganda. Sebagai dokumen kerja yang akan menjadi bencmark kinerja bisnis Anda, sekaligus  merepresentasikan  dukungan finansial bagi bisnis Anda. Rencana bisnis penting disajikan dengan baik. Juga disarankan mengirimkan salinannya kepada kreditor terlebih dulu sebelum rapat yang dijadwalkan.

 8. Pinjamlah dalam jumlah yang sesuai

Semakin besar Anda meminjam maka makin besar biaya yang akan ditanggung. Akibatnya  Anda harus menghasilkan keuntungan yang lebih besar untuk mentupi biaya. Karena itu pinjamlah sesuai kebutuhan. Jika anda gagal mendapatkan modal dalam jumlah cukup, kemungkinan akan sulit mendekati lagi (re-approach) kreditor setelah itu untuk menjamin dana tambahan, terutama jika bisnis belum menunjukkan kinerja seperti diproyeksikan dalam rencana bisnis.

 9. Cadangan Darurat

Selalu disarankan agar memiliki cadangan dana apabila bisnis memerlukan waktu lebih lama seperti diharapkan untuk take off. Rencana darurat untuk pengeluaran beberapa tahun akan sangat bermanfaat.

10. Ikuti Sistem

Anda berinvestasi pada model bisnis yang melelahkan, teruji, dan sudah terbukti. Karena itu penting mengikuti sistem yang dikembangkan pewaralaba untuk membuka peluang sukses bagi Anda.

Refrensi : emotivasi dan jagatmotivasi.com

Silahkan baca juga Tantangan Bagi Entrepreneur

, , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply