Ambilah Pelajaran Dari Air

Ambilah Pelajaran Dari Air – Saudara-saudaraku yang haus motivasi, segalanya tercipta penuh hikmah ditujukan ‘tuk bani Adam, begitupun air dengan berbagai sifatnya. Bukankah kita terlahir dalam kesucian, sejernih air yang memancar dari sumbernya.

Berjalanlah di atas roda kehidupan, tanpa merendahkan diri dan tanpa menyombongkan, bukankah air yang tenang permukaannya selalu sama rata, sisi satu tidak lebih tinggi atau rendah dari yang lain? Jauhilah sifat pasif, bukankah beberapa penyakit lebih condong pada air yang menggenang. Bagai air yang mengisi tiap sudut ruang-ruang kosong, hendaknya kita selalu menghiasi waktu dengan menunaikan semua kewajiban, fleksibel, cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Dahulukan lah pilihan yang lebih penting dari yang penting dalam menunaikan kewajiban, seperti air, selalu memenuhi ruang dengan mendahulukan bagian dasarnya. Letakkan langkah demi langkah menuju tujuan hakiki, bak air dari hulu yang sukses sampai ke hilir.

Pelajaran lain yang bisa kita petik dari air

Alam menyediakan ilmu pengetahuan yang bila kita pelajari dan amati dengan seksama banyak yang bisa kita petik hikmahnya. Seperti air, jika perhatikan saat di pantai dengan deburan ombaknya, ada pelajaran hidup yang bisa diaplikasikan dalam hidup kita yaitu bersabar, pantang menyerah, diantara sifat air yang tercermin pada ombak yang tak kenal lelah menghantam kokohnya batu karang. Ketika sebuah batu mencebur dalam kolam air, perhatikan setiap jengkal permukaan ikut bergetar, dan kan kembali tenang secara bersamaan, hal ini menggambarkan kerjasama, kepedulian, kepekaan, cinta dalam ikatan sosial. Ketika air menguap, terdapat pula satu pelajaran berharga, bahwa suatu saat kita pasti kan kembali pada sang pencipta.

Rupa wajah yang begitu tampan dan cantik, keluarga yang begitu dicintai, tanah, rumah, mobil, perabot yang serba wah, semua akan ditinggal sama sekali, kecuali tiga, amal jariyah, anak sholeh, dan ilmu yang bermanfaat. Wahai tuhan kami, tidaklah kau ciptakan semua ini dengan percuma. Maha Suci Engkau, maka jauhkan kami dari azab neraka.

Sumber: resensi dan jagatmotivasi.com

Silahkan baca juga artikel terkait Mengapa Orang Pintar Bisa Gagal?

, , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply