Kisah Nyata Yu Youzhen, Wanita Milyuner Yang Menjadi Penyapu Jalan Raya

Kisah Nyata Yu Youzhen, Wanita Milyuner Yang Menjadi Penyapu Jalan Raya

Kisah Nyata Yu Youzhen – Apa yang akan Anda lakukan bila Anda telah menjadi orang kaya yang memiliki beberapa apartemen dan harta yang melimpah? Kebanyakan orang mungkin memilih berlibur, menikmati hidup dengan bersantai atau membeli barang-barang yang diinginkan. Namun wanita yang satu ini tidak.

Yu Youzhen, seorang wanita berusia 53 tahun, sebenarnya telah memiliki kehidupan makmur seperti yang diinginkan banyak orang. Namun di usianya yang sudah senja itu, ia tidak lantas menjadi orang yang menikmati masa tua dengan tinggal di rumah atau melakukan aktivitas ringan. Wanita ini memilih untuk tetap bekerja dengan menjadi penyapu jalan sepanjang 3 km setiap pagi.

Untuk pekerjaannya ini, ia harus bangun jam 3 pagi untuk menyapu jalanan. Pekerjaan ini ia lakoni sejak tahun 1998 lalu. Mungkin Anda bertanya-tanya, untuk apa seorang wanita kaya yang sudah cukup berumur memilih bekerja sebagai tukang sapu? Kenapa tidak bekerja di kantor bila ia memang wanita kaya?

Yu Youzhen rupanya sudah terbiasa hidup susah dan bekerja keras sejak tahun 1980an bersama suaminya. Seluruh kekayaan yang ia miliki merupakan hasil keuletannya bersama suami dalam kurun waktu beberapa tahun. Dengan memilih pekerjaan ini, Yu Youzhen berharap bisa menjadi contoh agar anak-anaknya tidak menjadi orang kaya yang hanya bisa mengonsumsi harta tanpa tahu makna berusaha mencapai sesuatu.

Ia menjadi ibu yang tegas mendidik anak-anaknya hingga jerih payahnya ini terbayar. Ia pernah menyampaikan pada anaknya, bila mereka tak mau bekerja, Yu akan menyerahkan apartemennya pada negara. Agaknya peringatan ini berhasil dan membuat anak-anak Yu kini mampu menghasilkan uang sendiri.

Bercermin dari kisah Yu, banyak sekali dari kita yang masih terlena pada kenikmatan dunia saat ini. Tidak pernah puas atas apa yang kita miliki dan menghabiskan uang dengan sia-sia. Mungkin sesekali kita patut merenung, kita tak hanya membutuhkan materi, namun juga makna dalam hidup. Meraih sesuatu dengan berusaha keras akan membuat kita lebih puas dari sekedar memperoleh hasilnya.

Tidak putus berusaha mencapai sesuatu juga dapat menjaga kualitas makna dari hidup kita. Bila seorang kaya macam Yu Youzhen saja masih bisa memaknai hidupnya dengan mengajari anak-anaknya bahwa hidup bukan sekedar duduk di rumah menghabiskan harta, kita pun bisa membuat hidup kita lebih bermakna dengan hidup lebih sederhana namun punya pencapaian yang luar biasa.

Kisah lain yang mirip dengan Yu Youzhen adalah wanita penjual sayur yang menjadi donatur besar dan masuk dalam majalah Forbes Asia, Chen Shu Chu. Kedua wanita ini tidak lantas menikmati masa tuanya dengan bersantai-santai, melainkan masih banyak hal yang ingin mereka lakukan bagi orang lain meski itu sederhana.

Refrensi: vemale dan jagatmotivasi.com

, , ,

Comments are closed.